Wednesday, October 5, 2016

Bahaya !! Jangan Abaikan 8 Gejala Kanker Ini yang Sering Kita Dirasakan.

Bahaya !! Jangan Abaikan 8 Gejala Kanker Ini yang Sering Kita Dirasakan.

Sebagai orang awam, kita semua seringkali mengabaikan keluhan-keluhan kecil yang kita rasakan. Misalnya gatal, tenggorokan kering, kepala pusing, kelelahan, dan lain sebagainya. Padahal, bisa jadi keluhan-keluhan kecil tersebut adalah gejala suatu penyakit yang membahayakan, misalnya kanker!



Maka dari itu, sebagai orang awam pun kita tetap harus tahu apa saja gejala-gejala kanker, sebagai antisipasi diri. Berikut ane rangkum, 8 Gejala Kanker Yang Sering Diabaikan. Semoga bisa menambah wawasan agan.

1. Sakit Tenggorokan Saat Menelan Makanan

Ada dua jenis kanker yang berada di balik gejala ini: kanker leher dan kanker esofagus. Mereka yang mengalami gejala ini seringnya mulai memodifikasi makanan yang disantap. Seperti hanya menyantap makanan yang lunak. Padahal masalahnya mungkin lebih serius.

2. Ada Benjolan Seperti Jerawat

Setiap agan menemukan benjolan, baik itu benjolan baru atau benjolan yang berubah bentuk, agan harus memeriksakannya ke dokter, demikian kata Dokter Bartholomew Bevers. Walau ternyata benjolan hanya berupa kista yang tidak berbahaya, benjolan juga bisa berarti kanker yang berada pada jaringan di bawah permukaan kulit. Benjolan pada payudara tentu gejala umum kanker payudara.

3. Luka Kecil Yang Tak Kunjung Sembuh

Jika agan punya luka yang tidak sembuh-sembuh setelah tiga minggu, agan harus memeriksakannya ke dokter. Seharusnya luka sembuh dengan sendirinya, kata Dokter Bartholomew Bevers. Jenis luka semacam itu bisa berupa gejala karsinoma, kanker yang dimulai di kulit atau jaringan yang melapisi atau menutupi organ-organ tubuh.

4. Batuk Yang Tak Kunjung Reda

Batuk terus-menerus selama 2 atau 3 minggu, apalagi jika disertai darah harus dikhawatirkan. Kebanyakan batuk bukan kanker, ujar Dokter Bartholomew Bevers. Tetapi batuk yang tak kunjung sembuh harus diperiksakan untuk memastikan bukan berupa kanker paru-paru.

5. Payudara Berkerut dan Mengeluarkan Cairan

Gejala awal kanker payudara adalah berkerutnya kulit payudara, warnanya berubah kemerahan, putingnya melesak, dan mengeluarkan cairan bukan susu. Waspada bukan hanya untuk wanita, sebab sekitar satu persen kanker payudara juga dapat terjadi pada pria dengan gejala yang serupa.

6. Perut Kembung Selama Berhari-Hari

Khusus wanita, perut kembung yang terasa terus-menerus diiringi rasa perih pada vagina serta penurunan berat badan secara tiba-tiba bisa jadi merupakan tanda adanya kanker ovarium. Tes darah, pemeriksaan panggul, atau USG diperlukan untuk mendeteksi kemungkinan tersebut.

7. Nyeri di Dada atau Ulu Hati

Nyeri yang tak kunjung hilang atau sering terasa di bagian dada atau ulu hati bisa jadi merupakan gejala kanker tenggorokan atau pula kanker perut. Jika lebih dari satu bulan terasa nyeri di dada, alangkah baiknya agan memeriksakan diri ke dokter.

8. Kelelahan yang Tidak Kunjung Reda

Selalu merasa lelah meski sudah beristirahat secukupnya dapat menjadi gejala kanker, terutama jika disertai gejala lain, seperti darah pada tinja. Kelelahan ini dapat menjadi tanda bahwa kanker sedang berkembang.

Sekian informasi dari ane gan, semoga bisa menambah pengetahuan agan dan membuat agan lebih waspada serta siaga ketika mengalami gejala-gejala di atas.

Related Posts

Bahaya !! Jangan Abaikan 8 Gejala Kanker Ini yang Sering Kita Dirasakan.
4/ 5
Oleh