Thursday, September 15, 2016

Duuuh Ngga Enak Banget Kalo Hidung Tersumbat !! Tips Berikut Ini Bisa Melegakan Hidung Anda..!!

Duuuh Ngga Enak Banget Kalo Hidung Tersumbat !! Tips Berikut Ini Bisa Melegakan Hidung Anda..!!

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Aduh, sudah tiba waktunya. Musim alergi telah tiba dan pilek dan flu sedang mewabah di mana-mana. Bersama pilek dan flu datang juga hidung tersumbat. Anda tahu kan rasa sesak menjengkelkan yang seolah tak akan mau pergi bagaimanapun caranya itu? Nah, sekarang adalah waktunya untuk menyingkirkan hidung tersumbat selamanya!



1. Ketahui pilihan Anda. 

Obat-obatan dekongestan atau pelega napas dan antihistamin atau pereda alergi hanyalah salah satu cara untuk mengurangi penyumbatan pada kepala, hidung, dan dada Anda. Sinol-M, Sudafed, Zyrtec, Claritin, dan Sinutab adalah sebagian kecil cara lain.

2. Cobalah menggunakan handuk panas.

Basahi selembar kain bersih dengan air bersuhu suam-suam kuku.
  • Lipat kain tersebut memanjang dua kali kemudian sekali lagi menjadi setengah dan letakkan dalam piring yang khusus microwave.
  • Hangatkan kain di dalam microwave selama 10 sampai 30 detik hingga hangat.
  • Letakkan kain hangat tersebut di atas daerah sinus Anda (di sepanjang punggung hidung Anda) dan biarkan di sana selama 5 sampe 10 menit.
  • Kemudian, sisih hidung Anda dan tegakkan badan selama 5 sampai 15 menit.


3. Gunakan uap.
  • Nyalakan shower atau pancuran pada suhu air paling panas dan tutup pintunya.
  • Tunggu selama 5 sampai 10 menit atau sampai ruangan tersebut menjadi beruap, kemudian duduk dalam ruangan tersebut dengan pintu tertutup selama 15 menit dengan air pancuran beruap yang terus menyala.
  • Dorong udara dari hidung Anda setiap 5 menit sekali.


4. Gunakan akupresur. 

Gunakan ujung-ujung kedua jari telunjuk Anda, tekan dengan tekanan sedang dan gosok dengan gerakan memutar kecil pada kedua sisi sudut cuping hidung Anda. Lubang hidung Anda harus sampai hampir tertutup ketika melakukan langkah ini. Lakukan hingga sekitar 20 putaran pada setiap sisi. Setelah itu segera sisih hidung Anda.

5. Terkadang, olahraga ringan bisa menyingkirkan hidung tersumbat. 

Berjalan-jalanlah dengan kecepatan sedang di sekitar rumah Anda atau bawa anjing Anda jalan-jalan sejenak. Kembali sisih hidung Anda.

6. Untuk para penggemar makanan sushi, gunakanlah wasabi. 

Bumbu pedas ini dapat mengurangi tekanan sinus dan membantu membersihkan sinus atau hidung Anda secara sementara. Merica, lobak pedas, dan makanan pedas lainnya juga memiliki efek serupa.

7. Posisikan kepala Anda agar tetap tersangga ke atas saat Anda tidur dan bersantai.

8. Minum banyak air atau teh. Namun hindari minum air dingin.

9. Meskipun para peneliti masih belum bisa memastikan kebenaran kepercayaan lama bahwa susu dapat mengentalkan atau menyebabkan produksi ingus, namun Anda sebaiknya mencoba untuk menghindari produk-produk dari susu ketika Anda menderita hidung tersumbat.

10. Selalu bersihkan atau sisih hidung Anda!


Tips

  • Gunakan teko neti atau semprotan hidung semacamnya. Gunakan dengan mengikuti saran pada label.
  • Lakukan pengairan hidung atau irigasi hidung pada hidung Anda.
  • Jepit hidung Anda, dan telengkan kepala Anda ke belakang selama tiga detik, dan ke depan, dan ulangi dan jangan bernafas melalui mulut atau hidung. Ulangi selama yang Anda bisa. Langkah ini dapat membantu selama sekitar 20 sampai 30 menit, dan dapat membersihkan rongga hidung Anda dengan baik hingga Anda bisa tidur dengan nyenyak.
  • Semprotan dekongestan untuk hidung secara umum tidak disarankan untuk dipakai lebih dari 2 sampai 3 hari, karena pemakaian berkepanjangan ini dapat menyebabkan penyumbatan yang kembali lebih parah lagi. Semprotan salin dapat digunakan sesering yang dibutuhkan, dan dekongestan yang diminum, contohnya pil Sudafed atau Bronkaid, dapat dikonsumsi selama paling lama dua minggu tanpa perlu pengawasan dokter.

Related Posts

Duuuh Ngga Enak Banget Kalo Hidung Tersumbat !! Tips Berikut Ini Bisa Melegakan Hidung Anda..!!
4/ 5
Oleh