Thursday, May 18, 2017

Waduh Ternyata Setrika yang Bikin Boros Listrik Nih !! Begini Cara Menghematnya Bund !!

Waduh Ternyata Setrika yang Bikin Boros Listrik Nih !! Begini Cara Menghematnya Bund !!

Waduh Ternyata Setrika yang Bikin Boros Listrik Nih !! Begini Cara Menghematnya Bund !!



Bagi sebagian orang, menyetrika adalah kegiatan yang membosankan. Anda juga merasa demikian? Ternyata bukan hanya membosankan, setrika juga menyedot banyak listrik. Eits, tidak perlu takut boros. Anda hanya perlu lakukan beberapa cara mudah di bawah ini!


1. Pilih Setrika Otomatis

Perkembangan zaman tentu membuat teknologi semakin berkembang, termasuk setrika. Jika diperhatikan, setrikaan zaman sekarang tentu sudah jauh lebih berkembang jika dibandingkan dengan setrika zaman dulu.

Nah, sebaiknya Anda menggunakan setrika otomatis. Kenapa? Setrika seperti ini bisa mati sendiri ketika suhu panasnya sudah berlebih. Tentunya ini akan membantu Anda dalam menghemat energi listrik.

2. Atur Tingkat Kepanasan

Perlu Anda ketahui bahwa semakin tinggi suhu yang digunakan, maka semakin banyak energi yang dibutuhkan. Jadi, harus menyalakan setrikaan dengan tingkat kepanasan yang rendah? Ternyata tidak juga.

Kalau Anda menyalakan setrikaan dengan suhu yang sangat rendah, ternyata akan sama borosnya. Setrikaan yang dinyalakan dengan suhu rendah akan membutuhkan waktu lama untuk memanaskan logam. Cara paling tepat adalah dengan menyesuaikan suhu setrikaan dengan bahan kain yang akan disetrika.

3. Bersihkan Permukaan Setrika

Pernahkah Anda perhatikan bagian permukaan setrika rumah? Nah, kalau ternyata bagian bawah setrikaan sudah kotor dan berkerak, sebaiknya segera Anda bersihkan karena ini yang membuat boros listrik.

Apa hubungannya kotor dengan boros listrik? Adanya lapisan kotoran pada bagian permukaan setrika dapat menyerap panas yang diproduksi. Bukan hanya itu, setrika pun akan menjadi lama panasnya, sehingga daya listrik yang dikeluarkan jadi lebih besar.

4. Matikan Saat Tidak Digunakan

Ini merupakan hal terpenting yang harus Anda lakukan. Jangan pernah biarkan setrika menyala ketika tidak digunakan. Misalnya saja, Anda yang sedang menyetrika meninggalkan sebentar, sebaiknya matikan dulu setrikanya.

Meskipun sebentar, kebiasaan meninggalkan setrika dalam keadaan menyala akan menyebabkan tagihan listrik membengkak. Bukan hanya itu, hal ini juga akan membahayakan karena dapat menimbulkan kebakaran. Tentu tidak ingin hal ini terjadi, ‘kan?

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pembayaran listrik setiap bulan. Cara-cara di atas memang terkesan sederhana, namun tentunya akan sangat berguna jika dilakukan.

Tunggu apa lagi? Yuk, terapkan semua cara di atas dan rasakan hidup yang jauh lebih hemat!

Related Posts

Waduh Ternyata Setrika yang Bikin Boros Listrik Nih !! Begini Cara Menghematnya Bund !!
4/ 5
Oleh