Monday, March 13, 2017

Bingung Beli Melon Tapi Takut Nggak Manis ?? Coba Tips Berguna Cara Memilih Melon yang Manis Ini, Pasti Kamu Akan Bawa Pulang Melon yang Manis Semua Deh!!

Bingung Beli Melon Tapi Takut Nggak Manis ?? Coba Tips Berguna Cara Memilih Melon yang Manis Ini, Pasti Kamu Akan Bawa Pulang Melon yang Manis Semua Deh!!

Bingung Beli Melon Tapi Takut Nggak Manis ?? Coba Tips Berguna Cara Memilih Melon yang Manis Ini, Pasti Kamu Akan Bawa Pulang Melon yang Manis Semua Deh!!



Buah melon adalah salah satu buah dengan rasa manis dan daging yang cenderung berair, bisa makan langsung atau dijadikan campuran es buah. Ketika digigit akan terasa sedikit renyah dan menyegarkan, cocok sekali disantap ketika cuaca panas.

Daging melon yang manis hanya didapatkan pada buah yang sudah tua dan matang saja. Yang jadi masalah adalah bagaimana cara membedakan yang matang dan mentah. Di lapak pedagang pasti ada banyak melon yang diperjual belikan.

Jika anda merasa memilih melon manis dan matang adalah tugas yang bikin galau maka anda tidak sendirian. Tugas ini memang sulit, apalagi kulit melon cukup tebal sehingga kita tidak dapat menebak tingkat kemanisannya dari luar saja.

Cara Memilih Melon yang Manis

Sebagai pembeli cerdas, kita memang harus teliti sebelum membeli. Ada beberapa hal yang bisa menjadi tanda bahwa buah melon memiliki rasa manis dan sudah benar benar matang. Berikut inilah beberapa tanda dan ciri nya,
  • Cari bagian yang cacat

Walaupun manis tapi kalau ada cacat ya pasti jadi tidak enak. Hindari buah dengan kulit luar yang terlihat memar, terbelah, luka ataupun terlalu empuk ketika dipegang. Pilihlah yang sempurna tanpa cacat.
  • Lihat kulit

Carilah buah melon dengan penampilan yang sedikit kusam, bagian kulit terutama motif jaring cenderung berwarna kuning pucat. Kalau masih mentah malah terlihat cerah, mengkilap dan kehijauan.

Pada melon yang benar benar tua, motif jaring di permukaan kulit buah lebih banyak dan tebal dibandingkan yang masih muda. Dari segi rasa pasti lebih manis.
  • Cek berat

Melon yang matang terasa lebih berat dibandingkan melon yang mentah. Dengan cacatan ukurannya sama, coba bandingkan dua buah melon seukuran.

Jadi melon yang berukuran kecil pun bisa manis dan sebaliknya yang besar bukan jaminan rasanya manis. Ukuran bukan tolak ukur melon sudah tua dan matang.
  • Cium aroma

Sama halnya dengan kebanyakan buah, melon yang matang memiliki aroma yang terasa manis. Aroma paling kuat berasal dari pangkal tangkai, jika disana tercium aroma wangi khas melon maka bisa dipastikan rasanya manis.

Kalau kurang yakin bisa congkel sedikit bekas tangkai buah, dari sana kita bisa melihat sedikit daging buah melon. Tapi kalau ketahuan penjual ya siap siap dimarahi hihihihi

Oh ya, hindari membeli melon yang tangkainya masih menempel pada buah. Pada melon yang tua, tangkai ini bisa lepas dengan mudah jadi seharusnya tak lagi bertangkai. Kalau tangkai terlihat dipotong dengan pisau maka kemungkinan dipanen sebelum tua betul.
  • Ketok ketok

Ketika buah melon sudah tua dan matang, biji di dalamnya akan terlepas sehingga banyak ruang kosong di dalam buah. Gunakan telapak tangan untuk menepuk buah, jika sudah matang akan terdengar suara yang dalam dan bergema.
  • Goyang-goyangkan

Biji yang sudah terlepas akan terdengar bergerak gerak ketika buah melon digoyangkan. Ini tandanya melon sudah manis dan siap santap.

Itulah beberapa cara memilih melon yang manis, pastinya anda tidak akan kesulitan lagi mendapatkan kualitas terbaik. Namun jika masih ragu, tidak ada salahnya bertanya pada si abang pedagang buah. Kalau ketemu yang jujur pasti dengan senang hati akan membantu.

Jenis buah melon yang terkenal dengan rasa manisnya adalah melon madu. Sama seperti namanya jenis ini terasa paling manis dengan buah yang lembut. Ciri fisiknya terlihat hijau keputihan dengan tekstur yang halus.
  • Cara Menyimpan Melon yang Sudah Matang

Melon adalah jenis buah berair yang tidak tahan lama jika dibiarkan di luar ruangan. Cara terbaik penyimpanannya adalah dengan lemari pendingin. Dalam suhu dingin melon bisa bertahan sekitar 3-4 hari. Kalau ingin yang lebih awet bisa dipotong potong lalu dimasukkan dalam wadah kedap udara dan taruh di freezer.

Melon yang dibekukan tidak akan terasa seenak buah yang masih segar. Di sisi lain tentu tidak akan jadi masalah jika buah hanya dijadikan campuran minuman dingin. Toh rasa manis khas melon masih ada, yang hilang hanyalah tekstur renyah daging buah.

Sekian artikel tentang Cara Memilih Melon yang Manis dan Matang Sempurna. Mungkin butuh beberapa kali percobaan agar dapat membedakan mana yang melon tua betul dengan yang dipaksakan panen sebelum waktunya.


Related Posts

Bingung Beli Melon Tapi Takut Nggak Manis ?? Coba Tips Berguna Cara Memilih Melon yang Manis Ini, Pasti Kamu Akan Bawa Pulang Melon yang Manis Semua Deh!!
4/ 5
Oleh