Thursday, August 4, 2016

Coba Deh Lakukan 11 Tips Ini untuk Mengurangi Rasa Sakit Saat Datang Bulan

Coba Deh Lakukan 11 Tips Ini untuk Mengurangi Rasa Sakit Saat Datang Bulan



Menjadi seorang perempuan normal berarti harus merasakan nyeri ketika menstruasi datang di setiap bulan. Bagi sebagian perempuan nyeri tersebut bisa sangat sakit sampai mengharuskan untuk istirahat di rumah. Namun ternyata, nyeri itu bisa kamu kurangi agar tidak terlalu menyiksa. Simak beberapa tips berikut ini yang bakal sangat membantumu.

 1. Kompres perutmu.


 
Mengkompres perut adalah langkah cepat yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa nyeri menstruasimu. Kamu bisa mengkompres perutmu dengan menggunakan botol yang berisi air hangat atau kantong karet yang sudah kamu isi dengan air panas. Kemudian tinggal kamu tempelkan di bagian bawah perutmu yang nyeri.

 2. Minum jamu yang berkhasiat untuk meredakan nyeri.

 
Kamu juga bisa menggunakan obat tradisional seperti jamu untuk mengurangi rasa nyerimu. Jamu ini sangat mudah dibuat, kamu bisa membuatnya sendiri. Ramuan yang digunakan terdiri dari kunyit, asam jawa, gula merah, dan air. Cara menggunakannya dengan adalah dengan diminum.

 3. Berbaringlah atau tidur.

 
Ketika menstruasi datang , kamu bisa berbaring dan cobalah untuk tidur sambil memeluk guling untuk mengganjal perutmu. Ini ampuh lho. Kamu bisa mencobanya untuk mengurangi rasa sakitmu.

 4. Lakukan pijatan lembut. 


Lakukan pijatan lembut di perut bagian bawah dan tulang pinggang secara merata. Kamu bisa menambahkan minyak kayu putih di area yang dipijat agar terasa hangat, sehingga bisa lebih cepat mengurangi rasa nyeri.

 5. Konsumsi obat pereda nyeri.

 
Kalau kamu kebetulan tidak punya bahan-bahan untuk membuat ramuan pereda nyeri sendiri kamu bisa kok beli ke apotek obatnya. Obat pereda nyeri sudah banyak yang beredar di pasaran. Namun awas, jangan sampe ketergantungan yaa.

 6. Hindari menggunakan pakaian yang ketat.

 
Ternyata menghindari penggunaan pakaian yang ketat ketika datang bulan juga bisa mengurangi rasa nyeri yang kamu alami. Menggunakan pakaian yang longgar bisa membuatmu lebih rileks, nyaman dan tidak akan mengganggu ruang gerakmu dalam beraktifitas.

7. Cobalah mandi air hangat.

 
Cobalah mandi dengan air hangat, akan membantu tubuhmu rileks dan mengurangi rasa nyeri.

8. Lakukan posisi yoga yang dapat mengurangi sakitmu.

 
Ketika rasa nyeri menyerang kamu bisa menguranginya dengan mempraktekkan beberapa posisi yoga yang dikhususkan untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Ini serius!

9. Biasakan mengkonsumsi makanan yang sehat.

 
Sehari-hari biasakanlah memakan makanan yang sehat agar tubuhmu kuat dan sehat. Jaga kebersihan dan gizi seimbang dari makanan yang kamu makan. Memperbanyak makanan yang mengandung kalsium, magnesium, vitamin dan omega 3 bisa membantumu tidak mengalami nyeri hebat ketika menstruasi. Jangan lupa untuk memperbanyak sayur dan buah ya.

 10. Berolahragalah.

 
Seberapa sering kamu berolahraga juga ternyata mempengaruhi rasa nyeri yang kamu rasakan ketika datang bulan. Jika kamu sering olahraga maka nyeri yang kamu rasakan tidak akan terlalu menyakitkan. Kamu bisa mulai dengan olahraga ringan seperti jogging, senam, dan bersepeda.

 

Related Posts

Coba Deh Lakukan 11 Tips Ini untuk Mengurangi Rasa Sakit Saat Datang Bulan
4/ 5
Oleh