Tuesday, May 30, 2017

Tips Hemat Menggunakan Pendingin Ruangan Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak !!

Tips Hemat Menggunakan Pendingin Ruangan Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak !!

Tips Hemat Menggunakan Pendingin Ruangan Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak !!



Air Conditioner (AC) merupakan salah satu kebutuhan rumah yang cukup penting, sekarang ini, terutama karena Indonesia adalah negara yang beriklim tropis. Bukan hanya untuk orang-orang yang tinggal di daerah panas, iklim yang tidak menentu membuat orang-orang yang tinggal di tempat dingin pun kadang membutuhkan penyejuk ruangan. Tapi banyak yang mengeluhkan penggunaan AC membuat pembayaran listrik menjadi mahal, meskipun sudah menggunakan AC yang hemat energi.

Sebenarnya penggunaan AC yang benar tidak akan membuat pembayaran listrik menjadi mahal. AC dengan merek apapun dapat menjadi lebih awet jika digunakan dengan benar. Cara menggunakan AC yang benar? Iya! Simak tips hemat dalam menggunakan AC berikut.

1. Pilih PK AC dengan Benar

Jangan menggunakan AC dengan Paardekracht (PK / Tenaga kuda) yang terlalu kecil. Kenali dimensi ruangan dan kebutuhan Anda. Apabila ruangan Anda seharusnya membuktuhkan AC dengan PK 3/4 tetapi Anda memasang AC dengan PK 1/2 ini akan merugikan Anda. Karena dengan menggunakan PK yang kecil, Anda akan menggunakan AC dengan temperatur terendah dan kipas yang maksimal. Ini akan membuat AC bekerja berat, dan memerlukan daya yang lebih besar. Tapi jika Anda menggunakan PK yang lebih besar, daya yang digunakan justru akan menjadi lebih sedikit sehingga Anda pun akan lebih irit. AC pun menjadi lebih awet karena tidak selalu dipaksa bekerja dengan keras. Konsultasikan pada ahlinya jika Anda akan memasang AC yang tepat di rumah Anda.

2. Atur Temperatur

AC sebenarnya bukan ditujukan untuk mendinginkan ruangan, melainkan untuk menyejukkan ruangan, agar tubuh kita merasa nyaman di dalam ruangan tersebut. Jika di luar ruangan sangat panas, jangan langsung memasang AC dengan suhu terendah dengan kipas yang maksimal. Melakukan ini akan membuat AC menggunakan daya yang lebih besar. Pasang temperatur AC pada temperatur yang tidak terlalu rendah, kira-kira 19 – 20 derajat celcius. Jika Anda masih merasa kepanasan, turunkan temperatur AC sedikit demi sedikit. Dengan begini, AC tidak bekerja terlalu berat. Dengan membiarkan tubuh Anda beradaptasi dengan temperatur juga, Anda tidak harus menggunakan AC dengan temperatur yang paling rendah.

3. Ventilasi Ruangan

Saat menggunakan AC, pastikan semua ventilasi ruangan tertutup, ini termasuk pintu dan jendela ruangan. Jika ada yang terbuka, AC akan memerlukan waktu lebih lama untuk mencapai temperatur yang diinginkan. Selain itu, jika ventilasi terbuka udara dingin akan keluar dari kamar Anda, sedangkan udara panas dari dalam akan masuk. Udara yang dikeluarkan dari AC akan terbuang percuma, dan ini akan membuat Anda lebih boros energi. Jika memang tidak begitu diperlukan, Anda dapat mematikan AC Anda, dan justru membuka jendela dan pintu ruangan. Biarkan udara mengalir dan membuat ruangan Anda sejuk dengan cara yang alami.

4. Servis AC Secara Berkala

AC yang kotor akan membuat fungsinya tidak maksimal. Bersihkan AC dan komponennya minimal setiap 1(satu) sampai 2 (dua) bulan sekali, agar tidak tertutup debu. Anda bisa membersihkan filter dan koil AC sendiri. Tapi jika Anda tidak mengerti atau tidak memiliki waktu, Anda bisa meminta orang yang memasang AC dulu untuk membantu Anda membersihkannya. Biasanya di tempat Anda membeli AC atau di pusat layanan AC yang Anda gunakan memiliki layanan pembersihan. Anda dapat memanfaatkan layanan ini. Mereka biasanya akan mengingatkan Anda jika AC Anda sudah harus dibersihkan. Dengan melakukan ini, umur AC akan menjadi lebih panjang.

5. Waktu Pemakaian

AC Anda bisa mati secara tiba-tiba, terutama saat listrik di rumah Anda mati, atau saat tanpa sengaja remote-nya tertekan. Jika ini terjadi, AC jangan dinyalakan langsung. Biarkan dulu AC dalam keadaan mati selama beberapa menit, sebelum Anda menyalakannya lagi. Jangan biarkan AC menyala terlalu lama. Pasang pengatur waktu saat penggunaan. Gunakan AC maksimal selama 5 jam. Setelah itu, biarkan AC mati selama beberapa saat untuk mendinginkan mesinnya yang telah digunakan selama berjam-jam.

Dengan melakukan hal-hal diatas, diharapkan penggunaan AC akan menjadi lebih efektif, lebih irit dan lebih awet. Semoga tips singkat ini bermanfaat untuk Anda. 

Related Posts

Tips Hemat Menggunakan Pendingin Ruangan Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak !!
4/ 5
Oleh