Wednesday, October 12, 2016

Untuk Ibu Hamil Perhatikan Yaa..! Sebaiknya 10 Makanan Ini Harus Di Hindari Lho !!

Untuk Ibu Hamil Perhatikan Yaa..! Sebaiknya 10 Makanan Ini Harus Di Hindari Lho !!

Saat hamil tubuh wanita bekerja keras demi pertumbuhan janin secara optimal. Oleh karena itu, memberikan asupan gizi melalui makanan sehat harus betul-betul diperhatikan dengan seksama. Namun demikian, ada 10 jenis makanan yang pantang dikonsumsi saat hamil. Kesepuluh makanan tersebut di antaranya, adalah:



1. Sayuran mentah

Bagi Anda yang gemar menyantap lalapan sebaiknya hindari dulu mengonsumsinya saat hamil. Sayuran mentah yang sering disajikan dalam menu lalapan kurang terjaga kebersihannya dan mengandung berbagai macam bakteri jahat yang dapat memengaruhi kesehatan Anda serta janin di dalam kandungan. Sebaiknya, jika memang ingin menyantap lalapan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dan pastikan sayuran benar-benar dimasak hingga matang untuk membunuh kuman serta bakteri yang melekat.

2. Buah nanas

Nanas kaya akan kandungan air dan paling pas dimakan saat suhu udara sedang panas. Namun, bagi ibu hamil mengonsumsi nanas sebaiknya dihindari dulu. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa buah nanas kerap menyebabkan perut mulas jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Namun, berkaitan mitos yang beredar bahwa nanas dapat menggugurkan kandungan nyatanya hal tersebut tidak terbukti. Sebaliknya, kandungan vitamin yang dimiliki nanas justru dapat memperkuat daya tahan tubuh ibu hamil.

3. Buah durian

Sama seperti buah nanas sebetulnya tidak masalah ibu hamil mengonsumsinya, hanya saja demi kesehatan janin di dalam kandungan sebaiknya dihindari dulu. Kandungan alkohol tinggi yang dimiliki oleh buah durian dapat memegaruhi kesehatan janin di dalam kandungan. Bahkan, jika mengonsumsi buah durian dalam jumlah banyak janin dapat keracunan, hingga menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur.

4. Ikan, telur dan daging mentah

Alasannya cukup logis mengapa ketiga makanan tersebut sebaiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah. Pada ikan, telur dan daging mentah ternyata masih terdapat bibit-bibit penyakit serta telur cacing yang hanya bisa mati jika dipanaskan lebih dari 100o Celcius.

5. Minuman beralkohol

Carol Archie, MD, seorang profesor sekaligus ahli kebidanan dan ginekologi di David School of Medicine, UCLA, seperti dikutip dari laman berpendapat bahwa sebaiknya para ibu hamil untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol atau minuman keras sedikit pun, sebab alkohol dapat berdampak pada perkembangan sel-sel otak bayi sewaktu di dalam kandungan. Lebih lanjut, Archie menjelaskan, mengonsumsi lebih dari 4 kaleng minuman keras selama kehamilan dapat menyebabkan janin Anda menderita Foetal Alcohol Spectrum Disorder (FAS) dengan tanda-tanda ukuran kepala lebih kecil, kelainan pada wajah, dan gangguan dalam belajar serta berprilaku.

6. Kafein

Salah satu alasan yang cukup mudah dipahami mengapa kafein dapat mengancam keselamatan janin adalah, kafein dapat menyebabkan detak jantung janin lebih kencang. Pada kasus yang lebih parah janin dapat mengalami gagal jantung yang akhirnya berujung pada kematian. Beberapa pakar kesehatan tetap memperbolehkan ibu hamil untuk mengonsumsi kafein, hanya saja kadar yang diizinkan tidak lebih dari 200mg atau setara dengan 2 cangkir kopi setiap harinya.

7. Makanan dengan kadar gula tinggi

Dalam kasus berat badan janin rendah selama kehamilan, dokter akan menyarankan pada ibu hamil agar mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, seperti: Es krim, coklat, kue, dan sebagainya. Hanya saja, pada kehamilan normal ibu hamil tidak diperkenankan mengonsumsi makanan manis secara berlebihan. Makanan manis yang kerap dikonsumsi selama kehamilan menjadi penyebab ibu hamil menderita diabetes dan bayi lahir dengan berat badan berlebih atau obesitas.

8. Makanan dengan kadar garam tinggi

Mengonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi dapat menyebabkan ibu hamil menderita tekanan darah tinggi selama proses kehamilan. Pada bayi dampak kelebihan garam akan menyebabkan janin mengalami gangguan dalam pembentukan ginjal dan janin lahir dengan gangguan fungsi jantung.

9. Makanan pedas

setidaknya ada 3 bahaya utama yang perlu diwaspadai para ibu hamil ketika mengonsumsi makanan pedas, yaitu: Diare, perut mulas, dan kontraksi. Selain itu, makanan pedas juga dapat menyebabkan peradangan pada dinding lambung, usus, tenggorokan, menyebabkan maag, serta gangguan pada sistem gastrointestinal.

10. Makaan laut atau seafood

Meskipun hingga kini masih terdapat perdebatan di antara para ahli berkaitan boleh tidaknya makanan laut dikonsumsi oleh ibu hamil, tapi demi kesehatan janin di dalam kandung sebaiknya dihindari dulu. Beberapa sumber menyebutkan bahwa seafood mengandung merkuri yang bila diskonsumsi secara berelebihan dapat membahayakan kesehatan serta menganggu pertumbuhan janin dalam kandungan.

Related Posts

Untuk Ibu Hamil Perhatikan Yaa..! Sebaiknya 10 Makanan Ini Harus Di Hindari Lho !!
4/ 5
Oleh