Wednesday, July 20, 2016

Berikut ini Penjelasan Kenapa Menguap Itu Menular Ke Orang Lain

Berikut ini Penjelasan Kenapa Menguap Itu Menular Ke Orang Lain



Salah satu Gerakan alami tubuh manusia adalah menguap. Menguap biasanya terjadi saat seseorang mengantuk. Fungsi menguap adalah untuk Meningkatkan suplay oksigen. Alasan mengapa kita menguap adalah untuk membawa lebih banyak oksigen ke dalam tubuh. Saat kita menguap, maka paru-paru akan terisi oksigen dari luar sekaligus membuang penumpukan karbondioksida. Hal ini mungkin menjelaskan kenapa kita lebih sering menguap saat kita berada dengan banyak orang di tempat tertutup, karena hal tersebut akan membuat karbondioksida lebih banyak sehingga tubuh lebih banyak membutuhkan oksigen. 

Katanya jika ada orang menguap maka kita akan ikut menguap juga? Benarkah demikian? Mungkin selama ini pertanyaan tersebut sedikit membuat kita penasaran. Inilah jawaban mengapa menguap itu bisa menular ke orang lain.

Menguap memang kerap dikatakan menular dan menurut hasil penelitian ilmiah, pernyataan tersebut memang bukan semacam mitos saja. untuk mengetahui sebab menguap itu menular, Pada 2013, ilmuwan di Zurich, Swiss, memperhatikan hasil pindai aktivitas otak dari sebelas partisipan penelitian.

Hasil penelitian diketahui ternyata penyebabnya adalah aktifnya bagian otak yang dinamakan inferior frontal gyrus, yang terletak di sebelah kiri depan otak manusia. Bagian otak tersebut dikatakan memiliki bagian jaringan neuron cermin, alias neuro yang mencerminkan gerakan orang lain. Jaringan itu membuat seseorang merasa seolah meniru untuk melakukan hal yang sama, ketika ia sedang melihat orang lain melakukan sesuatu.

Ilmuwan menyimpulkan ketika seseorang melihat orang lain menguap, neuron cermin menstimulasi aksi tersebut untuk kemudian oleh seseorang ditiru. Jadi jika anda mulai merasa mengantuk jangan menguap dekat orang lain. Sebaiknya pergi ke kamar kecil dan cucilah muka anda dengan air. Air yang terbasuh ke wajah akan membuat anda segar kembali. 

Related Posts

Berikut ini Penjelasan Kenapa Menguap Itu Menular Ke Orang Lain
4/ 5
Oleh